Light Roast atau Dark Roast?

9 Maret 2015

Light Roast atau Dark Roast?

Harumnya kopi segar yang baru diseduh membawa semangat di hari-hari anda, entah itu di pagi, siang ataupun sore hari ketika Coffee Break. Cita rasa secangkir kopi sangat bergantung pada teknik sangrai (pemanggangan) dan tingkat sangrainya. Pemanggangan yang merata adalah sebuah syarat agar biji kopi bisa menghasilkan rasa yang seimbang. Proses sangrai juga berperan penting mengubah asam dalam biji kopi menjadi antioksidan.

Setiap orang memiliki preferensi rasanya sendiri. Kopi seperti apa yang cocok dengan selera anda? Light Roast atau Dark Roast? Apa yang membedakan keduanya, dan yang lebih penting lagi, bagaimana anda menentukan tingkat sangrai kopi yang cocok dengan anda?

Pertama tentu saja soal rasa. Light Roasted Coffee memberikan rasa dan karakter alami dari biji kopi tersebut dan menonjolkan karakter aslinya baik apakah itu fruity, chocolaty, spicy, dan sebagainya. Kopi Arabika khususnya kopi-kopi grade specialty, dan kopi kelas dunia adalah pilihan paling cocok untuk level sangrai ini, karena para penikmat kopi bisa benar-benar merasakan cita rasa asli biji kopi tersebut, dan tentunya jenis sangrai ini menghasilkan secangkir kopi dengan bodi yang lebih ringan, tetapi dengan keasaman yang lebih tinggi. Light Roasted Coffee bisa anda dapatkan setelah pemanggangan mencapai crack pertama.

Tingkat sangrai Cinnamon, Americano, Half City, dan New England termasuk ke dalam Light Roasted Coffee.

Sedangkan Dark Roasted Coffee akan memberikan rasa pahit manis, aroma dan rasa panggangan yang lebih mendominasi, selain itu juga bodi terasa lebih pekat. Kebanyakan Kopi Robusta dipanggang dengan tingkat sangrai ini. Dark Roasted Coffee sangat cocok bagi penikmat kopi yang menggemari rasa sangrai dan sensasi bodi yang sangat pekat tanpa rasa asam. Dark Roasted Coffee bisa anda dapatkan setelah pemanggangan mencapai crack kedua.

Tingkat sangrai Full City+, Viennese, French, dan Italian termasuk ke dalam Dark Roasted Coffee.

Apabila Light Roasted Coffee dan Dark Roasted Coffee dirasa belum pas dengan lidah anda, bisa jadi Medium Roasted Coffee adalah pilihan yang cocok untuk anda. Tingkat sangrai medium menggabungkan cita rasa dan keunggulan dari Light Roasted Coffee dan Dark Roasted Coffe, dan memberikan anda secangkir kopi dengan rasa seimbang. Medium Roasted Coffee cocok untuk anda yang menghendaki kopi dengan keasaman yang lebih rendah, rasa manis karamel alami dan bodi yang lebih pekat, tetapi tanpa menghilangkan cita rasa asli dari biji kopi itu sendiri.

Tingkat sangrai City, City+, dan Full City termasuk ke dalam Medium Roasted Coffee.

Yang manakah kopi pilihanmu?



Baca juga
  »
1 Oktober 2017
Apa Perbedaan Espresso, Latte dan Cappuccino, dan Apa Hubungannya?
Di kalangan para pecinta kopi, banyak orang mengira bahwa espresso, latte dan cappuccino adalah hal yang serupa, namun sebenarnya hal itu berbeda. Apa yang membedakan ketiga hal tersebut?

  »
11 Juli 2016
Apa itu Espresso, dan Apa yang Membuatnya Istimewa?
Sebagai seorang penikmat kopi, anda tentu sering mendengar minuman istimewa bernama espresso, namun apa yang membuatnya benar-benar istimewa?

  »
2 Juli 2016
Cara Menggunakan French Press yang Benar
Bagaimanakah cara menggunakan French Press yang benar?

  »
2 November 2015
Apa Itu French Press?
French Press adalah perangkat penyeduh kopi manual yang populer dan sering digunakan oleh para penikmat kopi. Seperti apakah French Press itu sebenarnya?

  »
12 Maret 2015
Coffee as a Gift
Adakah yang lebih berkesan dari kopi sebagai hadiah bingkisan anda?

  »
11 Maret 2015
Cara Budidaya Kopi
Kopi terbaik berasal dari biji kopi terbaik pula, sehingga memastikan proses penanaman budidaya kopi yang baik menjadi syarat kopi untuk menghasilkan kopi terbaik. Bagaimana cara budidaya kopi yang baik dan benar?