Cara Menggunakan French Press yang Benar

2 Juli 2016

Setelah kami membahas mengenai sejarah dari French Press pada artikel sebelumnya, maka di artikel ini kami akan membahas mengenai cara menggunakan French Press yang benar. French Press dewasa ini telah menjadi alat pembuat kopi yang sangat populer dan diminati oleh berbagai kalangan pecinta kopi, karena alat ini adalah salah satu alternatif cara membuat kopi yang mudah dan tidak memerlukan perlengkapan komplementer. Selain itu, harga dari pembuat kopi bertipe coffee plunger atau coffee press juga relatif terjangkau.

Sebuah French Press terdiri dari beberapa bagian, dan hal tersebut bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

 

Seperti yang bisa anda lihat di gambar, sebuah coffee press terdiri dari 4 bagian utama, namun kami akan membaginya secara lebih spesifik menjadi 5 bagian. Carafe adalah tabung kaca yang berada di dalam frame, dan carafe adalah bagian utama dari sebuah coffee press. Lid adalah penutup yang berada di mulut dari carafe. Coffee plunger adalah batang yang menghubungkan antara penutup dengan saringan dari coffee press. Filter adalah saringan yang berada di bawah coffee plunger dan berfungsi untuk menyaring bubuk kopi anda agar tidak tercampur ke dalam hasil seduhan kopi anda. Handle adalah bagian pegangan atau gagang yang bisa anda gunakan untuk menuangkan hasil seduhan dari coffee press anda.

Dan tentu saja, dengan berpegang pada berbagai istilah dari berbagai bagian dari French Press tersebut, kami akan mulai membahas bagaimana cara menggunakannya. Kami membaginya menjadi 5 tahapan untuk mempermudah penjelasan mengenai bagaimana cara menggunakan French Press yang benar dengan tahapan sebagai berikut.

 

Langkah 1:

Lepaskan tutup dan plunger. Tuangkan bubuk kopi anda ke dalam carafe. Hal yang perlu diperhatikan dalam tahapan ini adalah seberapa halus bubuk kopi anda. Untuk membuat kopi melalui French Press, bubuk kopi yang diperlukan adalah coarse ground coffee atau bubuk kopi yang digiling kasar.

Apabila anda menggunakan fine ground coffee atau medium ground coffee, maka ampas dari hasil seduhan kopi anda akan bercampur ke dalam hasil seduhan kopi anda. Hal ini akan membuat kopi anda terasa pahit akibat over extraction. Selain itu, menengguk kopi dengan ampas yang tercampur akan mengurangi kenikmatan dari kopi tersebut.

 

Langkah 2:

Gunakan air panas dengan suhu kurang lebih 95oC, dan tuangkan secara perlahan ke dalam carafe. Hindari menggunakan air mendidih untuk menyeduh kopi, karena air mendidih akan membuat bubuk kopi anda ‘terbakar’ dan rasa dan aroma dari bubuk kopi tersebut bisa berkurang karenanya. Selain itu, menuangkan air mendidih ke dalam carafe bisa membuat tabung kaca tersebut retak. Anda bisa menghindari hal tersebut dengan menggunakan coffee press berkualitas lebih baik buatan seperti coffee press produksi negara-negara di Eropa, namun tentu saja dengan harga yang lebih mahal.

Alternatif lain, anda bisa menghangatkan coffee press anda sebelum anda mulai menuangkan air panas ke dalam carafe. Namun sesuai dengan rekomendasi kami, hindari menggunakan air mendidih untuk menyeduh kopi, dan agar french press anda lebih awet, hangatkan dulu coffee press anda sebelum mulai digunakan.

Setelah anda menuangkan air panas tersebut ke dalam carafe, biasanya sebagian besar dari bubuk kopi anda akan mengapung. Aduklah air dengan lembut dan bubuk kopi anda akan larut dalam air.

 

Langkah 3:

Tariklah coffee plunger dari coffee press anda agar filternya menyentuh penutupnya. Tempatkan penutupnya pada carafe dari coffee press anda. Biarkan bubuk kopi anda berbaur dengan air panas di dalam coffee press selama kira-kira 4 menit. Dalam 4 menit ini, rasa dan aroma dari biji kopi pilihan anda akan mulai berbaur dengan air panas di dalam coffee press dan siap untuk dipress agar saripati dari biji kopi tersebut terseduh sempurna dalam coffee press anda. Jangan biarkan kopi anda terendam terlalu lama di dalam air panas karena hal ini akan membuat kopi anda terlalu pahit akibat over extraction, oleh karena itu disarankan untuk menggunakan timer di samping coffee press anda agar anda bisa tahu kapan anda perlu mulai menekan coffee plunger anda.

 

Langkah 4:

Inilah saatnya bagi anda untuk menekan coffee plunger anda ke bawah. Untuk coffee plunger dengan saringan yang lebih rapat, biasanya memerlukan waktu sekitar 20 detik agar coffee plunger anda bisa turun sepenuhnya. Namun untuk coffee plunger dengan saringan yang lebih longgar, biasanya hanya membutuhkan beberapa detik agar coffee plunger anda bisa turun sepenuhnya.

Setelah anda selesai menurunkan semua coffee plungernya, maka seduhan kopi anda siap untuk diminum.

 

Langkah 5:

Tuangkan seduhan kopi anda ke dalam cangkir kopi favorit anda tanpa perlu membuka penutupnya. Anda bisa menambahkan krim dan gula ke dalam seduhan kopi anda. Anda juga bisa menambahkan susu ke dalamnya sesuai selera anda.

Untuk rasio bubuk kopi dan air panas yang bisa anda gunakan, anda bisa menggunakan rasio sebagai berikut: 7 sampai 8 gram bubuk kopi untuk setiap 200 ml air panas, apabila ukuran French Press anda lebih besar dari 200 ml maka anda bisa menyesuaikan rasio perbandingan bubuk kopi tersebut dengan air panas sesuai dengan ukuran dari FrenchPress tersebut.

Nikmati kopi seduhan French Press anda!



Baca juga
  »
1 Oktober 2017
Apa Perbedaan Espresso, Latte dan Cappuccino, dan Apa Hubungannya?
Di kalangan para pecinta kopi, banyak orang mengira bahwa espresso, latte dan cappuccino adalah hal yang serupa, namun sebenarnya hal itu berbeda. Apa yang membedakan ketiga hal tersebut?

  »
11 Juli 2016
Apa itu Espresso, dan Apa yang Membuatnya Istimewa?
Sebagai seorang penikmat kopi, anda tentu sering mendengar minuman istimewa bernama espresso, namun apa yang membuatnya benar-benar istimewa?

  »
2 November 2015
Apa Itu French Press?
French Press adalah perangkat penyeduh kopi manual yang populer dan sering digunakan oleh para penikmat kopi. Seperti apakah French Press itu sebenarnya?

  »
12 Maret 2015
Coffee as a Gift
Adakah yang lebih berkesan dari kopi sebagai hadiah bingkisan anda?

  »
11 Maret 2015
Cara Budidaya Kopi
Kopi terbaik berasal dari biji kopi terbaik pula, sehingga memastikan proses penanaman budidaya kopi yang baik menjadi syarat kopi untuk menghasilkan kopi terbaik. Bagaimana cara budidaya kopi yang baik dan benar?

  »
9 Maret 2015
Light Roast atau Dark Roast?
Setiap orang memiliki preferensi rasanya sendiri. Kopi seperti apa yang cocok dengan selera anda? Light Roast atau Dark Roast? Apa yang membedakan keduanya, dan yang lebih penting lagi, bagaimana anda menentukan tingkat sangrai kopi yang cocok dengan anda?