Apa itu Espresso, dan Apa yang Membuatnya Istimewa?

11 Juli 2016

Espresso, dibaca es-press-soh, adalah ekstrak dari biji kopi yang diproses dengan mesin tekanan tinggi. Oleh karena itu, bisa dibilang bahwa espresso adalah saripati dari biji kopi berupa secangkir kopi cair yang padat dan kental dalam single shot cup atau double shot cup.

Istilah espresso berasal dari Italia, dimana istilah ini pertama kali digunakan pada awal tahun 1900-an. Apabila diterjemahkan secara bebas, maka arti dari espresso adalah ‘secangkir kopi yang diseduh secara ekspres hanya untuk anda’. Sebuah istilah yang indah bagi para pecinta kopi.

Setelah kita mengerti apa itu espresso, maka kita akan mulai membahas mengenai apa yang membuat sebuah espresso istimewa dan berbeda dengan minuman kopi lainnya.

Apakah biji kopi untuk membuat espresso berbeda dengan biji kopi lainnya?

Sebenarnya bukan biji kopilah yang membedakan espresso dengan minuman kopi lainnya. Oleh karena kepopuleran minuman ini, espresso sering dijadikan sebagai topik utama pemasaran biji kopi dan hal ini membuat beberapa orang merasa bahwa hasil seduhan dari biji kopi istimewa otomatis disebut sebagai espresso. Dan tentu saja, sebenarnya anda bisa membuat espresso dari biji jenis apapun yang anda sukai.

Apakah campuran dari biji kopi untuk membuat espresso berbeda dengan campuran biji kopi untuk minuman lainnya?

Campuran dari biji kopi memang adalah sebuah hal yang penting untuk membuat secangkir kopi yang harum dengan cita rasa maksimum, namun bukan berarti campuran dari biji kopi tertentu membuat hasil seduhan kopi tersebut bisa disebut sebagai espresso. Meskipun memang ada campuran dari biji kopi tertentu memang dibuat khusus untuk membuat espresso yang berkualitas tinggi, namun tanpa melalui proses ekstraksi mesin espresso, hasil seduah dari campuran biji kopi tersebut bukanlah espresso.

Apakah ada hasil sangrai biji kopi yang khusus untuk espresso?

Tentu saja hal ini tidak benar. Di California, anda bisa melihat espresso dengan biji kopi yang disangrai dark roast. Di Pantai Timur Amerika Serikat, espresso dengan biji kopi yang disangrai light roast lebih populer. Sementara di Italia Utara, biji kopi yang disangrai medium roast lebih sering digunakan, sehingga bisa dibilang bahwa anda bisa memakai biji kpi dengan tingkat sangrai apa saja sesuai dengan selera anda untuk membuat espresso.



Baca juga
  »
1 Oktober 2017
Apa Perbedaan Espresso, Latte dan Cappuccino, dan Apa Hubungannya?
Di kalangan para pecinta kopi, banyak orang mengira bahwa espresso, latte dan cappuccino adalah hal yang serupa, namun sebenarnya hal itu berbeda. Apa yang membedakan ketiga hal tersebut?

  »
2 Juli 2016
Cara Menggunakan French Press yang Benar
Bagaimanakah cara menggunakan French Press yang benar?

  »
2 November 2015
Apa Itu French Press?
French Press adalah perangkat penyeduh kopi manual yang populer dan sering digunakan oleh para penikmat kopi. Seperti apakah French Press itu sebenarnya?

  »
12 Maret 2015
Coffee as a Gift
Adakah yang lebih berkesan dari kopi sebagai hadiah bingkisan anda?

  »
11 Maret 2015
Cara Budidaya Kopi
Kopi terbaik berasal dari biji kopi terbaik pula, sehingga memastikan proses penanaman budidaya kopi yang baik menjadi syarat kopi untuk menghasilkan kopi terbaik. Bagaimana cara budidaya kopi yang baik dan benar?

  »
9 Maret 2015
Light Roast atau Dark Roast?
Setiap orang memiliki preferensi rasanya sendiri. Kopi seperti apa yang cocok dengan selera anda? Light Roast atau Dark Roast? Apa yang membedakan keduanya, dan yang lebih penting lagi, bagaimana anda menentukan tingkat sangrai kopi yang cocok dengan anda?